Kegiatan AKPI

gambar kegiatan

Scholars in Residence - Tantulak Ambun Rutas Matei : Studi Kasus Dampak Holistik Ritual Kematian Dayak Ngaju Bagi Isteri dan Anak

Setiap tanggal 10 September adalah Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia sejak 2003 lalu. Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia diselenggarakan oleh Asosiasi Internasional untuk Pencegahan Bunuh Diri (IASP) dan didukung oleh Federasi Dunia untuk Kesehatan Mental dan WHO. Peringatan ini berfokus pada permasalahan bunuh diri yang kerap terjadi di seluruh dunia. Sikap dan perhatian terhadap masalah ini memberi kita kesempatan untuk membantu orang-orang yang hampir putus asa dan di ambang bunuh diri. Salah satu langkah untuk membantu mengurangi kasus bunuh diri, Asosiasi Konselor Pastoral Indonesia (AKPI) mengadakan Scholar in Residence. Dalam Scholar in Residence bulan ini, Pdt. Dr. Rina Teriasi, M. Si.

gambar kegiatan

Scholars in Residence - Stres dan Resiliensi Mahasiswa Konseling Pastoral IAKN Tarutung Sumatera Utara

Stres yang di alami seseorang dapat tertangani dengan baik apabila memiliki resiliensi yang baik. Resiliensi merupakan kemampuan seseorang dalam mengatasi, melalui, dan kembali kepada kondisi semula setelah mengalami kejadian yang berat. Setiap tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia. Oleh karena itu, Asosiasi Konselor Pastoral Indonesia (AKPI) akan mengadakan Scholars In Residence yang di presentasikan oleh Ibu May Raulli Simamora, S.Si., M.A., PCiT.

gambar kegiatan

Pengukuhan Badan Pengurus Nasional 2022-2027

AKPI mengadakan pelantikan dan serah terima jabatan yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2022. Acara tersebut berlangsung di Human Touch Centre (HTC) Salatiga mulai pukul 12.00-14.00 WIB dan dilaksanakan secara hybrid yakni onsite dan online. Sampai tanggal 17 Agustus 2022 anggota AKPI berjumlah 102 orang. Kini mereka tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan melakukan konseling dalam berbagai setting kehidupan: rumah sakit, perguruan tinggi, sekolah, panti wredha, pusat rehabilitasi gangguan jiwa, panti tuna grahita, panti tuna daksa, panti tuna wicara, dan komunitas keagamaan. Bersama-sama adalah awal, menjaga kebersamaan adalah kemajuan, bekerja sama adalah sukses. Ada kekuatan besar ketika sekelompok orang dengan minat yang sama berkumpul untuk bekerja menuju tujuan yang sama.

gambar kegiatan

Zoominar Terapi Gangguan Stres Kedukaan (Post Loss Stress Disorder - PLSD)

Salah satu acara yang di adakan AKPI untuk mengatasi kedukaan seseorang setelah kehilangan orang tersayang.